KOTA KUPANG · 18 Feb 2023 19:15 WITA · waktu baca 1 menit

Dekranasda NTT dan Ivan Gunawan Kerjasama Angkat Keindahaan Tenun Ikat Sumba Timur

Kupang, FKKNews.Com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menggaet Desainer Ivan Gunawan (Igun), untuk Fashion Show dengan bahan dasar tenun ikat asal Kabupaten Sumba Timur.

Demikian disampaikan Eldi Angi selaku Ketua Bidang Kreatif dan Desain Produk Dekranasda NTT saat jumpa pers, di Dekranasda NTT, Sabtu (18/2/2023).

“Saat fashion show, koleksi tenun Ikat yang ditampilkan berupa 20 Gaun perempuan dan 12 Gaun pria,” tegas Eldi Angi.

Menurut Eldi Angi, bahan dasar berupa tenun ikat disediakan oleh Dekranasda NTT, sedangkan desain pakaian dikerjakan oleh Igun.

“Pagelaran Fashion Show ini sudah direncanakan jauh-jauh hari, tapi karena kesibukan Igun yang juga artis, dan Bunda Julie yang anggota DPR RI serta Ketua Dekranasda NTT, sehingga sulit untuk bertemu,” ujar Eldi Angi.

Diakui Eldi Angi, Bunda Julie sempat menawarkan beberapa motif tenun ikat dari Berbagai kabupaten di Provinsi NTT, ternyata Igun lebih tertarik yang dari Sumba Timur.
“Event Fashion Show ini diberi nama Garis Poetih, dengan tema Mata Hati,” tegasnya Eldi Angi yang juga Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Provinsi NTT.

Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Bunda Julie Laiskodat saat jumpa pers dengan Igun di Green Rasuna Residence Jakarta Selatan menjelaskan, sebagai artis multitalenta, Igun mengajak semua pelaku fashion dan industri kreatif, untuk tumbuh lebih besar dengan bekerja sama dalam pagelaran Garis Poetih yang berlangsung selama tanggal 15-17 Februari 2023.

“Salah satunya Provinsi NTT yang dilirik Igun, karena memiliki motif tnin ikat yang sangat bagus dan berkualitas. Pada kesempatan tersebut, Igun memilih motif Sumba Timur,” jelas Bunda Julie Laiskodat yang didampingi Wakil Ketua Dekranasda, Maria Fransiska Nae Soi-Djogo.

Diakui Bunda Julie Laiskodat, dalam event Garis Poetih ini, Igun mengeluarkan koleksi terbarunya yang diberi judul Mata HATI,” tambahnya.(*/01/FKK)

Categories: Warta